Select Page

Jual Kain Batik Untuk Remaja

Menjadi warga negara Indonesia, tentunya sudah tidak asing ditelinga kita jika mendengar kata batik. Batik merupakan warisan budaya dari leluhur kita yang hingga saat ini masih dilestarikan. Tidak hanya menjadi warisan budaya, sejak zaman dahulu batik juga dikenal sebagai bentuk fashion karena biasa dipakai oleh para bangsawan tanah air.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, kini batik bisa digunakan oleh semua kalangan. Walaupun batik identik digunakan oleh orang dewasa, para remaja pun tidak kalah saing. Mereka mulai berinovasi dengan menggunakan batik, baik dari segi desain baju maupun motif. Perbedaan dari segi desain, merek, bahan baku dan cara pembuatan kain batik dapat mempengaruhi harga dari setiap kain batik yang dijual.

Motif Batik Untuk Remaja

Motif batik yang pas untuk remaja adalah simpel motif atau minim motif

Motif batik menjadi hal utama yang akan diperhatikan oleh para pengguna pakaian batik, terutama para remaja. Jiwa muda yang terlihat bersemangat dan tetap tampil fresh di setiap acara menjadi acuan oleh para pengrajin kain batik, agar berinovasi dan memadukan antara warna dan motif batik agar tetap memenuhi keinginan para remaja ini. Penggunakan batik dikalangan remaja tidak hanya digunakan pada saat acara – acara formal saja, melainkan di acara – acara yang semi formal pun bisa digunakan, jadi tetap bisa tampil oke dengan batik dimanapun dan kapanpun.

Pemilihan Warna Kain Batik Untuk Remaja

Warna kain batik yang cocok untuk anak muda adalah warna – warna pastel hingga warna tegas

Ada beragam pilihan warna dan motif pada kain batik saat ini, dari mulai warna tegas hingga warna cerah atau pastel yang lucu – lucu dengan kesan fresh, sangat cocok untuk para remaja yang masih muda – muda. Penggunaan warna pastel biasanya digunakan oleh remaja putri, lalu untuk remaja pria bisa menggunakan warna – warna cerah seperti kuning, orange, biru langit dan sebagainya.

Pemilihan kain batik yang memiliki sedikit warna pun memiliki kesan yang lebih keren, karena motif batik yang ditimbulkan akan lebih jelas terlihat. Jadi, setelah yakin dengan warna cerah atau pastel yang akan dipilih, harus dipastikan juga kain batik yang akan digunakan memiliki perpaduan warna yang tidak lebih dari dua jenis. Pemilihan banyak warna pada kain batik atau bahkan tidak satu tone antara warna satu dengan yang lain akan memberikan efek terlihat kusam dan kurang enak untuk dilihat.

Kain Batik Yang Cocok Untuk Remaja

Kain Batik Bahan Katun
Bahan katun memiliki tekstur yang lembut, nyaman dan bisa menghindarkan dari iritasi kulit

Menggunakan baju batik berbahan dasar kain katun memiliki kelebihan tidak lembab saat digunakan dan mampu menyerap keringat dari tubuh. Serta memiliki tekstur yang lembut, nyaman dan bisa menghindarkan dari iritasi kulit, non alergi sehingga cocok untuk yang memiliki kulit sensitif namun tetap ingin menggunakan baju batik.

Kain Batik Bahan Sutra
Kain batik bahan sutra cocok untuk digunakan pada acara formal

Baju batik dengan bahan dasar sutra jarang sekali dijumpai atau digunakan oleh para remaja di acara – acara biasa, karena menggunakan batik dengan bahana sutra lebih pas digunakan untuk acara pesta atau acara formal lainnya. Tidak hanya itu batik berbahan dasar sutra selain memiliki harga yang mahal, perawatan pada kain jenis inipun terbilang cukup ekstra karena terbuat dari bahan alami yaitu kepompong ulat sutra.

Motif Kain Batik Yang Pas Dikalangan Para Remaja

Motif Kain Batik Madura

Motif batik madura lebih berani bermain warna

Ada perbedaan batik madura dengan batik solo dan Yogyakarta, perbedaan tersebut teletak pada pemilihan warna, dimana batik madura lebih berani bermain warna. Tidak hanya itu, batik madura juga memiliki motif yang variatif dari mulai motif flora dan fauna. Ciri khas lain dari motif madura adalah motif yang berbeda satu sama lain. Biasanya batik madura dilukis oleh para pengrajin secara langsung, jadi akan menghasilkan motif yang ekslusif dan tidak ada kembaran.

Motif Kain Batik Lasem

Motif kain batik Lasem memiliki warna yang cerah serta beberapa motifnya dipengaruhi oleh bangsa cina

Lasem adalah nama daerah yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Daerah ini terkenal karena batik yang dihasilkan memiliki motif indah dengan warna-warna cerah. Batik Lasem sendiri berani bermain warna karena seiring perkembangan zaman, motif batiknya banyak dipengaruhi oleh budaya China.

Motif Kain Batik Cirebon

Motif kain batik megamendung menjadi ciri khas batik Cirebon

Daerah pesisir memang terkenal lebih berani dalam bermain warna, begitu juga untuk motif batik. Batik Cirebon selama ini terkenal dengan motifnya yang bernama Megamendung. Ciri khas batik Megamendung adalah gambar awan dan kombinasi warna yang menyala. Warna-warna batik Cirebon lebih variatif, seperti merah tua, biru, ungu, dan hijau tua.

Motif Kain Batik Pekalongan

Motif batik tujuh rupa adalah satu motif khas kota Pekalongan

Siapa yang tak mengenal batik Pekalongan? Pekalongan selama ini terkenal sebagai sentra batik di mana kainnya banyak disukai oleh tamu-tamu asing dari berbagai negara. Salah satu motif yang terkenal adalah batik Tujuh Rupa.

Batik ini biasanya menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai inspirasi dalam pembuatan motifnya. Meski begitu, ada juga yang batik Pekalongan yang menggunakan gambar hewan sebagai motif utama dalam kain batiknya.

Jika anda bingung mencari toko yang menjual kain batik untuk warna dan motif yang sesuai dengan remaja, kami punya solusinya Toko Inagi batik yang beralamat di Jl Otista no 70 Lantai 1 Blok B1 no 44 – 45, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181. Menjual berbagai macam jenis kain batik, dengan beragam pilihan warna dan motif yang cocok untuk para remaja hingga dewasa.