Select Page

Jual Kain Batik Untuk Anak

Batik telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tahun 2009. Di negara kita Indonesia pada tanggal 2 Oktober, akan diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Mengenalkan Batik Pada Anak

Anak – anak harus mengenal batik sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan

Anak – anak adalah generasi penerus bangsa, sudah seharusnya kita sebagai orang dewasa mengenalkan tentang budaya dan warisan apa saja yang harus mereka lestarikan, salah satunya adalah batik. Mengenalkan batik pada anak adalah hal yang mudah, dengan cara membiasakan diri. Salah stau contoh yang biasa kita lihat yaitu ketika anak – anak belajar di sekolah, akan ada satu hari dimana pakaian yang mereka gunakan adalah batik. Walaupun motif dari setiap sekolah biasanya berbeda – beda.

Motif Kain Batik Untuk Anak

Motif kain batik untuk anak – anak cocok bergambar hewan, tumbuhan, manusia, geometris dll

Motif batik adalah corak atau pola yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun-menurun.

Jenis Kain Batik Untuk Anak

Jenis kain batik yang cocok untuk anak adalah yang memiliki warna cerah dan motif yang ceria

Motif batik pada umumnya cenderung ke arah formal dan terkesan tua, sehingga terlihat kurang friendly untuk anak – anak. Oleh sebab itu, pemilihan motif dan warna sangat dibutuhkan, terutama untuk para anak – anak agar tidak terkesan seperti orang dewasa. Warna yang cocok untuk anak – anak adalah warna terang seperti kuning, merah, hijau, biru, pink, atau warna orange. Seperti halnya batik pesisiran atau garutan yang identik dengan warna merah, merah muda, biru muda dan hijau.

Motif untuk anak bisa menggunakan motif batik pesisiran yang memiliki ciri khas motif hewan – hewan. Seperti gajah, jerapah, harimau, rusa atau burung. Pemakaian batik pesisiran pada anak, juga bisa sembari mengajarkan si kecil pada aneka warna maupun hewan.

Kain Batik Untuk Anak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak – anak banyak bergerak dalam melakukan aktifitasnya. Sudah semestinya jika anak – anak membutuhkan pakaian yang nyaman untuk mereka dan tentunya menyerap keringat. Pemilihan kain batik untuk anak sangatlah penting agar anak tetap merasa nyaman. Oleh karena itu pilihlah kain yang memiliki tekstur lembut, tidak panas dan menyerap keringat. Seperti bahan katun, bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat karena mampu menyerap keringat dengan cepat. Selain itu serat kain katun juga kuat, sehingga pakaian akan awet dan tidak mudah rusak.

Model Baju Batik Untuk Anak

Dress Batik untuk anak perempuan : Simpel
Dress adalah model baju yang simpel dan cocok untuk anak perempuan

Model pertama yang bisa dijadikan referensi untuk koleksi batik antara ibu dan anak adalah sebuah dress. Dress menjadi model yang sering digunakan karena cuttingnya yang simple, batik model dress ini cenderung timeless dan bisa dipakai pada acara apapun hingga beberapa tahun ke depan, selama batik tersebut masih muat di tubuh anak – anak.

Mix Batik Kutubaru Untuk Anak Perempuan : Kebaya dan Batik Menjadi Satu
Model mix batik dengan kutubaru menjadi pilihan yang cocok untuk pergi ke acara pernikahan

Referensi model batik ke dua yaitu mix antara kain batik dan kutubaru. Batik model kutubaru bisa membuat anak terlihat cantik dalam balutan pakaian bernuansa tradisonal akan tetapi ada kesan modern juga. Pemilihan motif batik dan warna dengan kutubaru juga harus diperhatikan agar tidak terlihat too much. Motif batik yang terlihat simple bisa dipadukan dengan kutubaru.

Batik Model Kaftan Untuk Anak Perempuan : Bisa untuk Kondangan Maupun Halal Bihalal
Baju batik model kaftan menjadi pilihan untuk anak perempuan menghadiri acara halal bihalal

Moment Ramadhan atau Idul Adha menjadi hal yang terkadang membingungkan untuk memilih outfit bagi sang buah hati, karena biasanya para ibu menggunakan dress – dress muslimah. Oleh karena itu referensi model baju batik selanjutnya adalah kaftan. Model ini akan beberikan tampilan yang tidak kalah cantik dengan sang ibu, apalagi bisa dipadukan dengan beberapa corak batik yang bermotif sama.

Seperti halnya dengan dress batik yang simpel, memakai kaftan akan membuat anak lebih leluasa bergerak. Bahkan, mengingat ukurannya yang umumnya lebih longgar, kemungkinan anak merasa gerah dapat diminimalkan.

Kemeja Batik Untuk Anak Laki – Laki
Baju batik dengan model kemeja lengan panjang pas untuk outfit ke acara formal

Kemeja adalah model yang sudah umum digunakan oleh para laki – laki, karena laki – laki harus tetap terlihat gagah dan berwibawa, begitu juga dengan anak laki – laki. Untuk referensi model baju batik anak laki – laki adalah kemeja, hanya saja hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai motif dan warna. Bermain pada motif dan warna serta dipadukan dengan kain polos bisa jadikan sebagai variasi.

Toko Inagi batik yang beralamat di Jl Otista no 70 Lantai 1 Blok B1 no 44 – 45, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181. Menjual berbagai macam jenis kain batik dengan motif yang lucu dan menarik untuk anak – anak hingga tersedia kain batik yang cocok untuk orang dewasa.