Select Page

Jual Kain Batik Bahan Mori Bandung

Dalam proses pembuatan batik, baik itu batik tulis maupun batik cap, atau kombinasi antara keduanya, maka sudah barang tentu akan dibutuhkan bahan utama yaitu kain mori. Kain mori yang biasa dipakai dalam pembuatan batik, memiliki jenis dan keragamannya masing-masing.

Selain jenisnya yang bermacam-macam, kain mori yang dipakai untuk membuat batik pun juga memiliki klasifikasi berdasarkan kualitasnya. Jadi ada banyak sekali jenis dan keragaman kain mori yang menjadi salah satu bahan utama dalam proses pembuatan batik ini sendiri. Lebih jauh lagi, setiap satu jenis kain mori yang memiliki banyak jenis kualitas, juga masih akan kita temukan lagi perbedaannya berdasar pada merk pembuatnya.

Jual Kain Batik Bahan Mori

Batik sebagian menggunakan kain mori sebagai bahan utama yang mudah diproses

Kain mori adalah kain yang sudah mengalami proses pemutihan yang diperuntukan untuk pembuatan batik, baik batik tulis, cap maupun batik printing. Macam dan jenis kain mori sangat beragam mulai dari bahan baku pembuatan kainnya, kontruksi dan kualitas sampai jenis finising kain.

Batik sebagian menggunakan kain mori sebagai bahan utama yang mudah diproses. Kualitas kain mori sangat tampak pada kehalusan tekstur kain. Sehingga kain mori tersebut, selain dari cara membatik dari proses pembatikan, juga akan mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan.

Pasar Baru Bandung

Pasar baru merupakan pusat perdagangan tekstil terlengkap di Bandung

Inilah pasar modern pertama di Bandung. Walau pasar modern, nuansanya tetap tradisional, jadi kamu masih bisa tawar-menawar untuk dapat harga termurah. Sebagai salah satu pusat belanja kain dan pakaian di Bandung, pasar di Bandung ini 11-12 lah dengan Tanah Abang di Jakarta, banyak pedagang yang berbelanja stok dagangan di sini. Bahkan banyak wisatawan asal Malaysia yang berbelanja di sini untuk dijual kembali di negaranya.

Jika anda bingung mencari kain batik yang berbahan dasar mori, anda bisa mengunjungi offline store kami di pusat perdagangan terbesar Bandung yaitu Pasar Baru Trade Center. Store Offline 1 Inagi Batik berada di Lantai 1 Blok B1 no 43 – 45, dan store 2 Windo Batik berada di Lantai 1 Blok B1 no 23 – 25.

Harga Kain Batik Bahan Mori

Harga yang ditawarkan dari mulai murah hingga mahal

Batik sebagian menggunakan bahan mori sebagai bahan utama yang mudah diproses. Kualitas kain mori sangat tampak pada kehalusan tekstur kain, sehingga kain mori tersebut selain dari cara membatik dari proses pembatikan juga akan mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan.

Untuk harga yang ditawarkan sangatlah beragam tergantung kepada jenis kain yang digunakan, proses pembatikan, proses pewarnaan batik serta motif yang akan dibuat. Biasanya jika kita melihat beberapa marketplace yang ada harga yang ditawarkan adalah Rp. 80.000

Tekstur Bahan Mori

  • Mori Primisima
Merupakan kain mori yang paling halus

Merupakan kain mori yang paling halus, dan biasanya digunakan untuk membatik jenis batik tulis yang sangat halus. Mori Primissima adalah golongan mori yang paling halus. Dibuat batik secara batik tulis, jarang dikerjakan secara batik cap. Dengan kontruksi benang 50-56, mori primissima dikategorikan sebagai mori berkualitas tinggi. Selain konstuksi benangnya, mori primissima ini juga punya kerapatan benang di angka 100-120 inchi. Tidak hanya itu, kepadatan benang penyusunnya pun sangat baik, yaitu di kisaran 105-125 per inchi. Mori primissima ini banyak digunakan untuk batik-batik yang bernilai tinggi dan berharga mahal.

  • Mori Prima
Mori prima adalah golongan mori halus yang kedua

Mori prima adalah golongan mori halus yang kedua sesudah golongan primissima. Mori golongan prima ini dapat untuk batik halus dan batik cap. Mori prima diperdagangkan dalam ukuran tiap piecenya hampir sama dengan mori primissima. Mori prima memiliki kualitas sedikit di bawah primissima, namun masih terkategorikan mori yang bagus. Ketebalan benangnya lebih rendah dari primissima. JIka primissima dibuat dengan konstruksi benang 50-56, mori prima ini dibuat pada konstruksi 36-46 saja. Untuk pembuatan baik cap biasanya banyak menggunakan mori jenis prima.

  • Mori Biru
Mori biru merupakan mori kualitas rendah

Mori biru merupakan mori kualitas rendah dengan spesifikasi nomor benang, tebal benang dan pegangan kain lebih kasar. Biasanya untuk membuat batik kasar dan sedang. Mori biru kualitasnya masih di bawah prima. Itu karena semua komponen penyusun mori biru sedikit lebih buruk dari mori prima dan primissima. Kontruksi benangnya hanya 28-36 saja. Tebal benangnya juga di bawah prima, begitu juga dengan ketebalannya yang jauh lebih tipis. Kualitas ini mempengaruhi proses pembatikkan dan pewarnaan yang jadi kurang berkualitas juga.