Select Page

Jual Kain Batik Bahan Katun di Bandung

Batik tidak hanya menjadi warisan seni budaya dari para pendahulu kita, akan tetapi saat ini batik juga menjadi fashion dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan batik juga dikenal dalam industri tekstil dunia. Semakin berkembangnya zaman, maka semakin tinggi pula daya pengetahuan seseorang.

Menggunakan baju yang berasal dari kain batik, tidak lagi hanya melihat kepada motif yang ditampilkan akan tetapi kepada bahan dasar dari kain yang digunakan. Hal ini bisa menjadi faktor utama kita dalam merasakan kenyamanan menggunakan baju batik.

Jual Kain Batik Berbahan Dasar Katun

Kain batik berbahan dasar katun sering kita jumpai dan kita kenakan sehari – hari

Produksi kain batik dengan menggunakan berbagai macam bahan dasar kain seperti berasal dari bahan katun, sutra, rayon, ATBM dan masih banyak lainnya. Akan tetapi ada satu bahan dasar dari kain batik yang memiliki daya tarik yang sangat besar bagi para pengguna kain batik. Bahan dasar kain katun salah satunya yang menjadi pilihan favorit.

Pada umumnya kain batik berbahan dasar katun sering kita jumpai dan kita kenakan sehari – hari. Kain batik bahan katun tergolong fleksibel karena bisa diproses dengan tahap tulis, cap maupun printing.

Pusat Tekstil di Bandung

Pasar baru sejak dulu dikenal sebagai salah satu pusat penjualan kain terlengkap

Pasar baru yang terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata sejak dulu dikenal sebagai salah satu pusat penjualan kain terlengkap yang berada di kota Bandung. Pasar tertua di kota Bandung yang di bangun sejak tahun 1884 ini, setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para konsumen yang ingin berbelanja kain tekstil untuk bahan pakaian maupun kebutuhan sandang lainnya.

Jika anda bingung mencari kain batik di Bandung yang berbahan dasar katun, anda bisa mengunjungi offline store kami di pusat perdagangan terbesar Bandung yaitu Pasar Baru Trade Center. Store Offline 1 Inagi Batik berada di Lantai 1 Blok B1 no 43 – 45, dan store 2 Windo Batik berada di Lantai 1 Blok B1 no 23 – 25.

Harga Kain Batik Bahan Katun

Beragam harga yang ditawarkan, tergantung kepada proses dan bahan

Penawaran harga jual kain batik bahan katun yang diberikan sangatlah beragam, tergantung dari jenis bahan katun yang digunakan dan tergantung kepada jenis batiknya. Biasanya untuk batik cap dan batik tulis biasanya tidak dijual permeter, para pengrajin menjualnya sudah dalam bentuk potongan yaitu sekitar 2 meter, 2.4 meter atau 2.5 meter. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya harus dipotong – potong terlebih dahulu agar memudahkan pada saat pengerjaan.

Harga 1 meter kain batik printing bahan katun permeternya antara 20 ribu sampai 35 ribu rupiah. Sedangkan harga batik cap antara 100-300 ribu rupiah, tergantung prosesnya. Apabila proses cap tulis (proses cap dilanjutkan proses tulis) akan lebih mahal lagi. Sementara harga per meter batik tulis sekitar 500 ribu keatas, semakin detail dan rumit motifnya harganya semakin mahal. Tentu pembelian dalam jumlah banyak atau grosir harga yang didapat kemungkinan lebih murah.

Tekstur Kain Batik Bahan Katun

Tekstur kain batik bahan katun adalah lebih halus dan lebih mampu menyerap keringat

Mengenali tekstur kain batik yang berbahan katun menjadi hal wajib sebelum membeli. Untuk itu mari kita lihat bagaimana tekstur kain batik berbahan dasar katun.

  • Tekstur kain lebih lembut dan halus
  • Kain lebih kuat dan awet
  • Tekstur kain memiliki serabut yang halus
  • Kain batik berbahan dasar katun cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif karena tidak menyebabkan alergi pada kulit
  • Mampu menyerap keringat
  • Tidak terasa panas atau gerah saat digunakan
  • Beberapa jenis kain katun terlihat mengkilap

Perbedaan Tekstur Kain Katun

a. Katun Primis

Tekstur kain katun primis memiliki serat benang yang lebih rapat


Tekstur kain katun primis memiliki serat benang yang lebih rapat, kainnya juga lebih tebal dan halus, kualitas dari kain katun primis tergolong paling baik. Kain katun primis juga memiliki grade tersendiri yaitu grade biasa dan primis super. Katun primis super tentu memiliki kualitas yang lebih baik dan terkesan lebih halus. Tidak hanya itu katun primis memiliki ciri khas lebar kain yang lebih pendek yaitu berukuran 100 cm – 103 cm.

b. Katun Santiu


Kain katun santiu atau biasa disebut dengan santio memiliki kualitas sedang atau menengah dikarenakan harga yang relatif terjangkau. Kain santiu memiliki dua kualitas yaitu santyu dengan kualitas super A dan super B. lebar kain santyu ini biasanya 110 cm – 115 cm.

c. Katun Samporis
Baru – baru ini muncul jenis kain katun terbaru yaitu kain katun samporis, belum banyak yang menggunakan kain ini dikarenakan harganya yang lumayan mahal dibandingkan santyu. Kain ini memiliki tekstur yang tebal dan halus. Hasil dari pembatikan juga biasanya lebih halus, sehingga harga jual dari kain ini lebih mahal. Tidak hanay itu warna yang dihasilkan juga akan terlebih cerah walaupun menggunakan warna seperti pada umumnya.

d. Katun Prima


Bahan katun prima memiliki kualitas di bawah katun primis yang lebih halus. Baik katun prima dan primis mempunyai tingkatan kain yang berbeda – beda dari mulai tingkatan kasar, agak kasar hingga halus.

e. Katun Sada’
Kualitas kain ini berada paling bawah dikarenakan tekstur bahan yang agak kasar dan tipis, apabila dibuat menjadi baju akan terasa panas.

Jenis – Jenis Kain Katun

Sebelum kita membeli suatu barang sudah sewajarnya kita pertimbangkan secara matang, untuk itu kami mengajak para pembaca untuk mencari tahu apa saja jenis kain katun beserta kelebihan dan kekurangannya.

a. Katun Biasa

Kain katun biasa ini memiliki harga yang murah, hanya saja grade kualitasmya di bawah

Kain katun biasa ini adalah kain katun dengan grade di bawah dimana kualitas dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan kualitas harga yang lain. Katun biasa ini memiliki ciri – ciri antara lain :

  • Harga lebih murah
  • Daya serap keringat sedang sampai dengan bagus, tergantung pada prosentasi bahan katun
  • Pada umumnya kain ini mudah ditemukan di penjual batik
  • Kain ini tergolong awet walaupun kualitas ke awetannya di bawah kain katun jepang.

b. Katun Rayon

Tekstur bahan pada kain tergolong agak licin

Kain katun rayon ini memiliki ciri – ciri antara lain :

  • Tekstur bahan pada kain tergolong agak licin, akan tetapi ia terasa ringan
  • Mudah jatuh dan terasa adem apabila digunakan
  • Daya serap keringat sedang sampai dengan bagus
  • Hanya saja bahan ini memiliki kelemahan yaitu mudah kusut

c. Katun Bangkok

Tekstur katun bangkok sedikit lebih kasar

Dinamakan katun Bangkok karena memang asal muasal kain ini berasal dari Thailand. Kain katun ini memiliki ciri – ciri seperti berikut :

• Memiliki tekstur yang agak sedikit kasar
• Kualitas katun Bangkok lebih tipis dari katun biasa, bahkan adapula jenis katun ini yang agak transparan atau menerawang

d. Katun Silk Sutera

Kain yang terbuat dari bahan kepompong ulat sutera

Kain katun ini merupakan . Sedangkan katun silk adalah campuran atau kombinasi kain sutera dan kain katun. Adapun ciri – ciri dari kain katun ini adalah :

• Memiliki bahan yang ringan dengan tekstur licin khas sutera
• Pada saat digunakan menimbulkan rasa nyaman
• Permukaan kain ini terasa halus dan kuat
• Memiliki tekstur yang ringan, kuat, berkilau dan tahan lama

e. Katun Cina

Kain katun ini disebut pula dengan bahan katun twill. Katun twill ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun jepang. Katun twill ini memiliki kekurangan saat digunakan untuk baju, yaitu kain ini lebih tipis dan warna yang dihasilkan akan kurang kuat.

f. Katun Satin Jepang

Kain katun satin memiliki tekstur yang lembut

Pada mulanya katun jepang ini memnag berasal dari jepamg, lalu di import oleh negara Indonesia. Kain ini memiliki ciri – ciri :

Pada saat digunakan akan terasa dingin dan adem pada kulit
• Tekstur kain ini terasa lembut
• Memiliki warna yang kuat

g. Katun Paris

Kain katun jenis paris ini merupakan jenis kain katun yang hampir sama dengan katun biasa. Hanya saja ciri dari katun paris ini lebih tipis dari katun biasa, sedangkan untuk harganya di atas dengan katun biasa.

h. Katun Minyak

Tekstur bahan permukaan terlihat mengkilap

Awal mula dinamakan katun minyak karena memang terlihat mengkilat atau berminyak. Akan tetapi di Indonesia sendiri, masih jarang ditemukan. Adapun ciri – ciri dari katun minyak ini adalah
• Harga sama dengan katun biasa
• Daya serap keringat terbilang lumayan bagus
• Permukaan terlihat mengkilap, akan tetapi kilapan dapat menghilang setelah beberapa kali pencucian.